BandeSuka #2 "Teluk Meru-Teluk Permisan" TNMB

"bang, bangun bang. sudah jam 7".. suara Buter membangunkan. 

Saya langsung kaget, rasanya baru sebentar saya memejamkan mata. Sangat malas sekali hanya untuk sekedar membuka mata. Matahari emang sudah terang, walau tidak begitu menyengat namun cukup menyilaukan.

3 Juli 2013-. Temen-temen Palung, mulai membentuk barisan. evaluasi dan briefing. Pagi itu, matahari pagi di Teluk Meru mendung. Suasana terlihat suram dipinggiran pantai yang panjang. Keindahan pantainya dengan hamparan pasir yang lembut merupakan daya tarik utama pantai ini. Hutan pantai yang menyabuk membuat suasana sunyi dalam kesejukan sangat terasa. Udara yang bersih, seger, aman dari polusi.  Bermain ke pantai di dalam kawasan konservasi, setidaknya berbekal pengetahuan mengenai konservasi. Hutan kawasan TNMB sendiri, termasuk salah satu penyumbang oksigen dunia. Jadi, bermain ke TNMB diharuskan ikut menjaga kelestarian tempat ini. 

Sisir Pantai Teluk Meru
Perjalanan selanjutnya menuju Teluk Permisan. Menyisiri Pantai Meru selama 1 jam, treking dalam hutan, susur sungai dan naik turun lembah untuk sampai Teluk permisan. Treking menuju Permisan bilang dibilang bervariasi, mulai jalan setapak hutan, susur sungai, dan melewati punggungan bukit dalam hutan. Susur sungai juga bisa dikategorikan sulit, meloncati batu dari yang satu ke batu yang lainnya. Kulit kaki juga cepet melepuh, karena basah terus. Susur sungai ini diakhiri dengan satu tanjakan yang terjal, Tumpak Dawung. Apalagi saat itu musim hujan, dengan kondisi tanah yang licin sangat merepotkan kami semua untuk mencapai puncak Tumpak Dawung. Perjalanan menuju Permisan tidak sampai disini, menuruni jalan setapak yang curam dengan kondisi tanah yang licin. Harus extra hati-hati, agar tidak menggelinding karena kepeleset jalan yang licin. Sampai di tempat yang datar, dibawah puncak tumpak dawung kami istirahat. Buter, Pak Budi (Polhut) sudah menyambut kami dengan mie rebus instan. Pak dhe' dan Mas Wisnu, melakukan ritual seperti biasanya: Mandi tiap ketemu sungai yang bening. Teluk Permisan masih 1 jam lagi, dari tempat yang datar ini. Dengan kondisi tanah yang lembab, dan landai.. 

"Mendaki gunung lewati lembah
Sungai mengalir indah ke Samudra
Bersama teman bertualang" Ninja Hatori Soundtrack..


Teluk Meru

Posting Komentar

0 Komentar