Gunung Raung: Sebersit Kenangan yang tak Terlupakan


Gunung Raung terletak di ujung timur pulau Jawa dengan ketinggian 3332 Mdpl. Mempunyai kaldera terbesar di pulau jawa, dengan kedalaman kaldera sekitar 500 meter. Gunung raung termasuk gunung tua dengan banyak puncak kecil yang mengitari kaldera. Menurut, catatan letusan terdahsyat terjadi pada tahun 1638, yang mengakibatkan banjir lahar pada kali Klatak dan Setail. Lebih dari 1000 jiwa melayang. Gunung Raung berada di 3 wilayah dijawa timur yaitu Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi.


Puncak tertinggi Gunung Raung disebut puncak Sejati, medannya sangat sulit dilalui. Untuk mencapainya pendaki harus melakukan panjat tebing yang sebelah kiri dan kanannya adalah jurang. Jadi, disarankan membawa perlatan mountainering.

Pada pertengahan tahun 2003, saya bersama 5 orang temen nanjak menuju puncak Sejati Raung di sisi selatan. Pengalaman ini sangat seru, 10 hari dalam lindungan belantara Raung, Kehausan (dehidrasi) dan juga Kelaparan. 10 hari yang sangat begitu berat, 10 hari yang sangat menjenuhkan, 10 hari yang sangat membosankan.

Sayang sekali saya tidak ikut serta untuk berkenalan dengan Puncak Sejati Raung. Dibutuhkan orang untuk siaga di batas vegetasi agar dapat  menyampaikan informasi ke desa terkahir, seandainya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Saya dan Kernet, bertugas bersiaga di batas vegetasi. Kernet kala itu sangat takut ketinggian sehingga dia memilih tinggal di batas vegetasi. 

Beberapa foto bisa dilihat di album facebok Arie Budi, Disini,..


*catatan: kami mengambil jalur Glenmore. Dan membawa air masing-masing sekitar 10-12ltr air, dikarenakan selama perjalanan tidak ada air...
 



Posting Komentar

0 Komentar